Senin, 26 Oktober 2015

Inilah Gejala Penyakit Jantung Koroner Pada Kaum Perempuan

Filled under:

Inilah Gejala Penyakit Jantung Koroner Pada Kaum Perempuan - Salah satu penyakit berbahaya yang muncul akibat jauh dari pola hidup tidak sehat adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini umumnya dikenal sebagai penyakit yang banyak diderita oleh kaum pria. Namun sebenarnya saat ini, satu dari empat perempuan meninggal disebabkan penyakit kardiovaskular yang jumlah kematiannya lebih banyak dari semua jenis penyakit kanker. Hal ini membuat penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi pada kaum perempuan. Saat ini risiko penyebab kematian pada kaum wanita lebih tinggi dibandingkan terhadap kaum pria. Berbagai gejala penyakit jantung koroner pada perempuan berbeda dengan gejala yang timbul pada kaum kaum pria. Penyakit jantung koroner pada perempuan biasanya ditemukan pada usia lebih tua dibandingkan pada laki-laki, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya sebagai berikut.

Inilah Gejala Penyakit Jantung Koroner Pada Kaum Perempuan


Pertama, terjadi penurunan hormon esterogen. Hormon esterogen ini berperan melindungi pembuluh darah dari kerusakan setelah masa menopause. Pada masa ini, risiko penyakit jantung pada perempuan menjadi meningkat dua kali lipat. Penurunan hormon ini juga menyebabkan bertambahnya kadar lemak dalam darah sehingga menjadi penyebab menebalnya pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung koroner.

Kedua, perempuan penderita penyakit jantung koroner umumnya mengalami komplikasi serius. Hal ini dikarenakan perempuan penderita penyakit jantung koroner biasanya memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan gangguan ginjal.

Ketiga, angka penyumbatan pada mikrovaskular atau pembuluh darah kecil lebih banyak ditemukan pada kaum perempuan. Penyumbatan ini akan lebih sulit dideteksi dengan cara pemeriksaan standar yang biasa dilakukan saat ini.

Keempat, minimnya pengetahuan dari kaum perempuan terhadap bahaya penyakit jantung. Karena hal ini, kebanyakan mereka tidak menyadari akan gejala yang timbul dari penyakit tersebut yang menyebabkan keterlambatan mendiagnosa.

Adapun gejala penyakit jantung koroner pada kaum perempuan antara lain nyeri di bagian ulu hati, nyeri pada punggung dan leher, menderita sesak napas, merasakan cepat lelah dan gangguan pada irama detak jantung. Berbagai gejala ini seringkali tidak disadari sehingga terjadi keterlambatan dalam melakukan pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung.