Minggu, 06 September 2015

Kredit Motor Menjadi Ringan Karena Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Filled under:


Tidak dapat dipungkiri jika kendaraan pribadi saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat di perkotaan. Dengan memiliki kendaraan bermotor, maka segala mobilitas dan pekerjaan bisa diselesaikan secara lebih cepat dan praktis. Kebutuhan akan kendaraan bermotor mendorong banyak orang memutuskan untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor. Sepeda motor adalah pilihan yang paling banyak dipilih karena harganya yang lebih terjangkau dan penggunaannya jauh lebih menghemat waktu daripada mobil.

Tidak masalah jika Anda ingin memiliki motor dengan cara mengajukan kredit. Agar kredit motor jadi lebih ringan, Anda harus bisa mempertimbangkan 5 tips mengatur keuangan ini:

Memilih motor Sesuai Dana dan Kebutuhan

Jika pendapatan Anda tidak mencukupi untuk membeli motor besar, maka sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut. Memilih motor biasa dengan kualitas yang baik sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda dalam hal transportasi.

Hati-hati Memilih Perusahaan Leasing

Bisnis kredit kendaraan bermotor mendorong munculnya banyak perusahaan leasing yang memfasilitasi kredit tersebut. Tetapi, tidak semua perusahaan leasing memiliki kualitas yang baik dan dapat dipercaya. Jadi, pilihlah perusahaan leasing yang sudah terbukti unggul dan memiliki rekam jejak yang baik.

Tidak Perlu Tergiur dengan Hadiah Kecil

Banyak perusahaan yang menawarkan sejumlah hadiah untuk menarik minat para calon pengaju kredit motor. Padahal, sebenarnya bukan hal tersebut yang Anda butuhkan ketika akan mengajukan kredit motor. Anda butuh perusahaan leasing yang mampu menjabarkan proses kredit secara rinci, memiliki fasilitas pembayaran yang praktis, serta memberikan jaminan asuransi terhadap kendaraan bermotor yang nantinya Anda miliki.

Mengapa Sebaiknya Menghindari Jangka Waktu Kredit yang Panjang?

Orang seringkali beranggapan jika jangka waktu kredit yang panjang akan meringankan karena nilai pembayaran yang kecil. Padahal, sebenarnya hal tersebut keliru karena semakin panjang masa kredit, semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Jika Anda memiliki kemampuan untuk melunasi kredit dalam waktu singkat, usahakan untuk memilih jangka waktu kredit yang paling singkat, supaya bunganya menjadi lebih kecil.

Jangan Lupa Memperhatikan Tanggal Pembayaran

Orang yang memahami manajemen keuangan yang baik salah satunya seperti cara mengelola gaji yang baik tidak akan lalai dalam membayar kredit. Sebab, proses pembayaran yang dilakukan lewat dari tanggal jatuh tempo akan membuat Anda dibebani oleh sejumlah denda. Daripada sibuk membayar denda, akan jauh lebih baik jika pendapatan Anda dialokasikan untuk kebutuhan lain. Jadi, usahakan untuk selalu memperhatikan tanggal pembayaran kredit setiap bulan.

Bila Anda sudah berhasil melakukan manajemen keuangan yang baik , maka Anda tak perlu ragu lagi untuk mengajukan kredit motor. Niscaya proses kredit motor yang sudah diperhitungkan secara matang tidak akan membuat Anda merasa rugi di kemudian hari.