Kamis, 13 Agustus 2015

Prinsip Cara Kerja Mesin Fotocopy

Filled under:

Mesin fotocopy adalah mesin yang sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama para pekerja kantoran atau anak-anak sekolah maupun mahasiswa. Tentunya mesin ini, sangatlah membantu dalam mempermudah pekerjaan kita, utamanya memperbanyak dokumen atau berkas tanpa harus kita buat kembali.
Prinsip Cara Kerja Mesin Fotocopy
Tahukah Anda, bagaimana prinsip cara kerja mesin fotocopy? Yuk, kita lihat ulasan singat mengenai prinsip cara kerjanya !
Cara kerja mesin ini sebetulnya didasari oleh kedua fenomena alam, yaitu :
“Daya tarik antara dua bahan yang memiliki muatan listrik yang berlawanan. Beberapa bahan akan menjadi penghantar listrik (konduktor) yang lebih baik ketika terkena cahaya.”
Pada waktu itu, penemu mesin fotocopy yaitu Chester F. Carison dalam percobaannya mengikuti beberapa proses sederhana yang sebetulnya menajadi prinsip dasar proses fotocopy, proses sederhana ini yaitu :
Pertama, permukaan foto konduksi diberikan penimbunan listrik, yaitu listrik positif, kemudian, permukaan tersebut (permukaan foto konduksi) dibiarkan menyentuh gambar dari dokumen, lalu, penimbunan listrik dihamburkan pada  bagian yang bersentuhan tersebut (permukaan foto konduksi yang menyentuh gambar dari dokumen), setelah itu, serbuk bermuatan negatif yang dihamburkan akan menempel pada bagian yang bermuatan positif, disebabkan daya tarik menarik elektrostatis, nah, baru setelah itu, letakkan selembar kertas pada gambar yang terbentuk oleh serbuk dan diberikan muatan positif, dan setelah itu, serbuk yang bermuatan negatif akan tertarik oleh kertas yang bermuatan positif tadi dan akan terlepas dari foto konduktor, akhirnya, pemanas akan meleburkan gambar yang terbentuk oleh serbuk yang tadi dan menyatu dengan kertas, yang nantinya akan menghasilkan copy dari gambar aslinya.

Itulah beberapa prinsip kerja fotocopy yang sederhana. Prinsip ini, tentunya dipakai mesin dalam memperbanyak dokumen, sehingga jika kita ingin memperbanyak sebuah dokumen, kita tidak perlu membuatnya kembali secara manual, cukup dengan meletakkan kertas pada mesin, dan kemudian menyalakannya, kita akan mendapatkan copy gambarnya. Tertarik membuat mesin fotocopy? Prinsip kerja di atas mudah-mudahan bisa membantu.