Senin, 27 Oktober 2014

Cukup Tidur Untuk Menjaga Kesehatan

Filled under:

Cara hidup sehat adalah keinginan setiap orang. Karena tanpa kesehatan semuanya menjadi percuma. Anda tidak bisa melakukan apa-apa jika sakit. Banyak uang sekalipun akan menjadi sia-sia. Karena itulah orang senantiasa menjaga kesehatan dan sehat itu sebenarnya murah ketimbang sakit. Tidur yang cukup, makan yang teratur, dan berolah raga. Hanya itu saja kuncinya. Sementara itu jika sakit kita harus ke dokter, harus membeli obat, dan tergantung dari beratnya sakit yang kita alami, apalagi jika harus sampai dirawat di rumah sakit. Berapa biaya itu semua ketimbang menjaga tubuh agar tetap sehat?


Meskipun semua orang ingin senantiasa sehat tapi banyak orang yang bingung harus memulainya dari mana. Bagi saya memulai hidup sehat bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Contohnya, tidur yang cukup. Kebutuhan tidur berbeda antara anak kecil, remaja, dan orang dewasa. Bagi anak kecil mulai dari delapan hingga 12 jam, bagi remaja enam hingga delapan jam, sementara bagi dewasa kurang lebih enam jam sehari.

Tidur adalah sebuah proses yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Karena sebenarnya banyak hal yang terjadi dalam tubuh kita selagi kita tidur. Bukan saja mengembalikan tenaga kita layaknya baterai HP yang di-charge, tapi dalam tidur juga sel-sel di dalam tubuh kita melakukan regenerasi. Sel-sel di dalam otak pun bekerja dengan aktif selagi kita tidur. Karena itu tidur sangat penting kita perhatikan kecukupannya untuk menjalani cara hidup sehat dan terbebas dari penyakit.