Kamis, 11 September 2014

Tingkatan Protein Dalam Tepung Terigu

Filled under:

Sebagai bahan pangan yang cukup banyak diminati masyarakat kita, tepung memang memiliki banyak manfaat. Dibuat dari berbagai bahan dasar seperti jagung, singkong, dan lainnya, bahan makanan ini memang cukup popular di berbagai negara. Terigu adalah salah satu hasil olahan bahan dasar yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk pembuatan kue, cookies, mie, pasta, roti, dll. Dan lagi, terigu ini memiliki banyak manfaat jika rajin dikonsumsi.


Terigu terbuat dari bahan dasar gandum yang diolah dengan digiling hingga menghasilkan terigu yang lembut. Terigu ini mengandung gluten, zat ini merupakan suatu zat yang tidak dimiliki tapioca, maizena, atau pun yang lainnya. Gluten ini berguna untuk memberikan sifat kenyal dan elastis, sehingga terigu ini sangat cocok untuk pembuatan mie, roti, dll. Beberapa kandungan lain yang terdapat dalam terigu adalah:
• Lemak
• Protein
• Karbohidrat
• Vitamin
Terigu memiliki beberapa jenis tingkatan protein yang berbeda, ada yang dikatakan sebagai terigu dengan kandungan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Masing-masingnya juga digunakan dalam pengolahan bahan makanan yang berbeda. Sebagai contoh, terigu dengan kandungan protein tinggi cocok untuk pembuatan mie, pasta, dll. Untuk terigu dengan kandungan protein sedang cocok untuk pembuatan kue, roti, cake, dan sejenisnya. Nah, banyak sekali bukan bahan makanan yang dapat diolah dari bahan dasar tepung terigu.